Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah 2017 SD-SDLB-SMP-SMPLB-SMA-SMALB-SMK-SPK

Sudah dibaca 2358 kali!

Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah 2017

Bapak/Ibu pendidik, Ujian Sekolah telah usai, begitupun dengan Ujian Nasional. Bahkan anak-anak yang sudah lulus tahun 2017 ini banyak yang sudah diterima di satuan pendidikan yang lebih tinggi maupun perguruan tinggi pilihan mereka bahkan ada yang memutuskan langsung bekerja.  Namun, masih ada tanggungan yang harus diselesaikan sekolah karena menyangkut pengakuan resmi atas kelulusan mereka.  Satuan pendidikan, Perguruan tinggi maupun tempat mereka bekerja pasti akan menagihnya.

Ya, tanggungan itu adalah Ijazah dan SHUN (Sertifikat Hasil Ujian Nasional).  Bagi yang sudah mendapatkan blangko ijazah, harus segera menulis data-data yang ada pada ijazah diantaranya data nama siswa, tempat tanggal lahir, nisn (nomor induk siswa nasional), nis (nomor induk siswa), asal sekolah, dan lain sebagainya termasuk nilai-nilai yang mereka dapatkan baik itu nilai rapor, maupun ujian sekolah.

Ijazah merupakan dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan atas prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus dari sekolah / satuan pendidikan.  Karena ini dokumen resmi, maka Blangko Ijazah yang akan digunakan untuk menulis Ijazah pun merupakan format resmi yang diterbitkan atau dicetak oleh Pemerintah dan/atau pemerintah daerah.  Oleh karenanya, harus sangat hati-hati dalam penulisannya.  Diusahakan dengan sangat untuk tidak boleh salah dalam penulisan ijazah ini, karena jika terjadi kesalahan, harus minta blangko yang baru ke dinas pendidikan terkait.

contoh penulisan ijazah pada blangko ijazah SMA Tahun 2017 - PortalGTK.com

PERKA BALITBANG PENULISAN IJAZAH

Mengingat betapa pentingnya Ijazah ini, maka dikeluarkanlah aturan yang mengatur mengenai bentuk, spesifikasi, pencetakan/penggandaan, pendistribusian, dan pengisian blangko ijazah.

Peraturan ini dikeluarkan oleh BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN melalui PERATURAN KEPALA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : 018/H/EP/2017 TENTANG BENTUK, SPESIFIKASI, PENCETAKAN/PENGGANDAAN, PENDISTRIBUSIAN, DAN PENGISIAN BLANGKO IJAZAH PADA SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Baca juga:

Untuk lebih jelasnya, anda bisa Download: Salinan Perka Balitbang tentang Ijazah ini.

Anda juga bisa lihat Contoh Penulisan Ijazah tahun 2017 di Juknis tersebut.

Hal Penting Dalam Petunjuk Teknis Penulisan Ijazah 2017

Beberapa hal penting yang dikutip dari Juknis Penulisan Ijazah tahun 2017, yang perlu diperhatikan terutama untuk petugas penulis Ijazah diantaranya:

  1. Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP) dengan kode blangko DN-01 Ma/06 0000001.
  2. Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 (K13) dengan kode blangko DN-01 Ma/13 0000001.
  3. Ijazah untuk satuan pendidikan kerjasama (SPK) dengan kode blangko DN-01 Ma/SPK 0000001. Selain perbedaan pada kode blangko, ketiganya juga berbeda pada daftar nilai yang terletak pada halaman muka.

Ijazah SD; SD-LB; SMP; SMP-LB; SMA; SMA-LB dan SMK, di isi oleh panitia penulisan ijazah yang dibentuk kasek.

Ijazah Paket A; Paket B dan Paket C di isi oleh panitia penulisan ijazah yang dibentuk oleh kepala SKB / Ketua PKBM.

Penulisan blangko ijasah menggunakan tulisan tangan dengan menaati ketentuan; tulisan huruf yang benar, jelas, rapih, bersih, mudah di baca, menggunakan tinta berwarna hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah di hapus. Dalam kondisi tertentu blangko ijazah dapat di isi menggunakan sistem komputerisasi (dicetak).

Apabila terjadi kesalahan dalam proses penulisannya, ijazah tidak diperbolehkan untuk dicoret, ditimpa atau di hapus / tipe-ex, melainkan harus diganti dengan blangko ijazah yang baru. Untuk itu perlu kehati-hatian dalam penulisan.  Jika masih ragu, anda bisa baca Tips Memperbaiki Kesalahan Penulisan Ijazah.

Blangko ijazah yang mengalami kesalahan dalam penulisannya di beri tanda silang dengan tinta berwarna hitam pada kedua sudut yang berlawanan, baik itu pada halaman muka maupun pada halaman belakang. Setelah seluruh pengisian Ijazah selesai, ijazah yang salah tersebut dimusnahkan dengan disertai berita acara pemusnahan.

Berita acara pemusnahan Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK ditandatangani oleh Kepala Sekolah yang disaksikan oleh pihak kepolisian.Sisa blangko Ijazah SD, SMP, Paket A, Paket B, dan Paket C yang terdapat di satuan pendidikan, diserahkan kembali ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan disertai berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/Kepala SKB/Ketua PKBM dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau pejabat yang mewakili.

Sisa blangko Ijazah SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB yang terdapat di sekolah, diserahkan kembali ke Dinas Pendidikan Provinsi melalui Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dengan disertai berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau pejabat yang mewakili.

Lebih lengkapnya bisa anda download dan baca di Petunjuk Teknis Penulisan Ijazah tahun 2017.

Download Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah 2017 SD-SDLB-SMP-SMPLB-SMA-SMALB-SMK-SPK

Download PERKA BALITBANG IJAZAH-018-H-EP-2017

Download PERKA BALITBANG SHUN-019-H-EP-2017

Demikian Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah 2017 SD-SDLB-SMP-SMPLB-SMA-SMALB-SMK-SPK, semoga bisa bermanfaat.

Bagikan ke teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *