Mengenal Lebih Jauh Tentang Story Telling Bahasa Inggris

Sudah dibaca 161 kali!

Story telling Bahasa Inggris merupakan suatu hal yang memang cukup penting untuk diperhatikan oleh para siswa ataupun mahasiswa, terutama untuk mereka yang memang beraktivitas menggunakan Bahasa Inggris.

Pada dasarnya story telling sendiri merupakan sebuah teknik atau bisa dibilang suatu kemampuan untuk bisa menceritakan suatu kisah, kemudian pengaturan dari adegan, dialog dan juga event. Jika di beberapa film, para film maker yang mana menggunakan kamera, kemudian di komik yang mana para komikus tersebut menggunakan gambar serta angle cerita, cerita tersebut disampaikan dengan cara mendongeng.

Story telling sendiri menggunakan kemampuan penyaji untuk bisa menyampaikan isi dari sebuah cerita menggunakan gaya, kemudian intonasi dan juga alat bantu yang dapat menarik minat dari pendengar. Story telling ini juga sering kali digunakan di dalam suatu proses belajar mengajar, terlebih lagi untuk tingkat pemula ataupun anak – anak. Teknik tersebut memang sangat bermanfaat untuk melatih kemampuan mendengar secara lebih menyenangkan.

Orang yang mana ingin menyampaikan sebuah story telling sendiri juga harus memiliki kemampuan public speaking yang baik, kemudian dapat memahami karakter dari pendengar, lalu mampu menirukan beberapa suara, pandai mengatur nada serta intonasi dan juga memiliki keterampilan menggunakan alat bantu. Seseorang yang berhasil dalam menggunakan teknik story telling sendiri apabila pendengar dapat menangkap maksud dan juga jalan ceritanya, selain itu juga merasa terhibur.

Story telling Bahasa Inggris - PortalGTK.com

Baca juga:

Tujuan Story Telling

Story telling Bahasa Inggris sendiri juga memiliki beberapa tujuan, adapun beberapa tujuan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama adalah menciptakan suatu suasana yang lebih senang, kemudian memberikan kenikmatan di dalam mengembangkan imajinasi dari pendengar, selain itu juga membantu untuk memberikan suatu pengalaman yang baru serta mengembangkan wawasan dari pendengar.
  2. Kemudian membantu untuk memberikan pemahaman yang baik mengenai diri sendiri dan juga orang lain, kemudian memberikan suatu pengalaman baru seperti masalah kehidupan yang ada di sekitar lingkungan. Pendengar nantinya juga akan belajar untuk berbicara dengan gaya yang lebih menyenangkan dan juga menambah perbendaharaan kata dan juga bahasanya.
  3. Selain itu juga membantu untuk melatih daya tangkap dan juga konsentrasi dari pendengar, membantu melatih daya pikir serta fantasi dari pendengar dan juga menanamkan nilai – nilai budi pekerti.

Struktur Story Telling

Di dalam membuat sebuah story telling Bahasa Inggris sendiri juga perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah struktur dari story telling itu sendiri, dan berikut ini adalah strukturnya:

  1. Yang pertama adalah orientation, yang mana biasanya ada pada paragraf pertama, orientation ini sendiri berisi mengenai pesan informasi seperti Who, When, Where dan juga Who. Di paragraf orientation ini, nantinya text narrative akan memberitahukan pembaca mengenai apa peristiwanya, siapa saja pelakunya, dimana dan juga kapan peristiwa tersebut terjadi.
  2. Kemudian yang kedua adalah complication yang mana merupakan sebuah inti dari text narrative. Complication ini sendiri akan menceritakan apa yang terjadi dengan pelaku di dalam suatu peristiwa tersebut. Pada umumnya, complication ini berisi gesekan antar pelaku peristiwa. Gesekan tersebut dapat menimbulkan suatu konflik ataupun pertentangan seperti natural konflik, konflik psikologi dan konflik sosial.
  3. Selain itu ada juga resolution yang mana merupakan sebuah pertentangan yang harus ditutup dengan sebuah penyelesaian. Di dalam sebuah text narrative, resolotion ini bisa berupa penyelesaian yang menyenangkan dan juga terkadang bisa juga berakhir dengan sebuah penyelesaian yang menyedihkan.
Bagikan ke teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *