Jika Tidak Bisa Login dan Lupa Password ARD

Sama sekali tidak bisa login ke aplikasi ARD Madrasah? Atau pernah bisa tetapi karena lupa password (kata sandi) akhirnya tidak bisa login ke Aplikasi Raport Digital Madrasah? baik tidak bisa login ataupun lupa password, keduanya sama-sama menjengkelkan karena akan menghambat proses input nilai pada aplikasi terbaru bagi madrasah dalam mengelola nilai siswa hingga menjadi raport ini.

ARD Madrasah atau Aplikasi Raport Digital Madrasah adalah aplikasi online milik Dirjen Pendidikan Islam Kemenag untuk semua Juknis Penilaian Hasil Belajar. Dimana sebelumnya telah diberlakukan juknis penilaian hasil belajar untuk Madrasah Ibtidaiyah berupa SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018, untuk Madrasah Tsanawiyah (SK Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018), dan untuk Madrasah Aliyah (SK Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018).

Penggunaan ARD Madrasah ini sendiri telah ditegaskan lewat Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 tertanggal 29 Oktober 2018 tentang Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Madrasah. Salah satunya mengamanatkan seluruh madrasah untuk mengunakan aplikasi ini terhitung mulai semester gasal Tahun Pelajaran 2018/2019 ini.

"Sama

1. Alamat dan Cara Login ARD Madrasah

Sebagai aplikasi online, ARD Madrasah berbasis website yang dapat diakses melalui alamat-alamat sebagai berikut:

  • http://sikurma.kemenag.go.id/ard/ (semua jenjang)
  • http://159.89.195.36/rapor-mi/ (khusus MI)
  • http://159.89.195.36/rapor-mts/ (khusus MTs)
  • http://159.89.195.36/rapor-ma/ (khusus MA)
Dalam ARD Madrasah terdapat dua jenis akun, yaitu akun operator madrasah dan akun guru. Keduanya dapat mengakses aplikasi dengan url (alamat) yang sama. Yang membedakan hanyalah username masing-masing.
"Sama
Untuk cara login bagi operator madrasah, menggunakan akun yang telah dibuatkan oleh Kanwil Kemenag masing-masing. Adapun akun untuk login bagi operator madrasah adalah:
  • username : NSM masing-masing madrasah
  • password : pengguna (huruf kecil semua, atau password lain yang ditetapkan oleh Kanwil Kemenag provinsi masing-masing)
Password default yang diberikan ini dapat diganti oleh masing-masing operator sesuai keinginan masing-masing.
Sedang bagi guru madrasah (baik guru mata pelajaran maupun guru yang menjabat wali kelas), akun (username dan kata sandi) ARD Madrasahnya dibuatkan oleh operator masing-masing. Jadi salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh operator madrasah, pertama kali, adalah membuat dan mengaktifkan akun ARD masing-masing guru di madrasahnya. Baca: 10 Hal yang Harus Dikerjakan Operator ARD Madrasah
Untuk membuat akun guru, sebenarnya bebas. Namun sebagaimana dilansir dari situs ARD Madrasah dan berdasarkan pedoman mengerjakan ARD Madrasah, disarankan untuk membuat akun guru dengan ketentuan sebagai berikut:
  • username : NIP (bagi guru PNS) dan kombinasi 13 digit angka yang terdiri atas "2 digit kode wilayah + 2 digit kode kabupaten/kota + 3 digit kode terakhir madrasah + 2 digit tanggal lahir guru + 2 digit bulan lahir guru + 2 digit terakhir tahun lahir guru" (bagi guru Non-PNS)
  • password : bebas (boleh sama untuk semua guru)
Pembuatan akun guru ini ada dalam tahapan ketika operator memasukkan data guru di madrasah tersebut (pada menu Konfigurasi submenu Guru). Kolom NIP otomatis menjadi username dan kolom "kata sandi" otomatis menjadi password akun guru yang bersangkutan.

2. Jika Guru Lupa Password

Bagaimana jika ada guru yang lupa password atau akunnya sehingga tidak bisa login ke ARD Madrasah?
Menangani kasus seperti ini tidak sulit. Karena operator madrasah dapat mereset ulang seluruh akun guru di madrasahnya.
Caranya pun cukup gampang, yaitu:
  1. Operator login ke akun operator madrasah
  2. Klik menu Konfigurasi
  3. Klik submenu Guru
  4. Muncul daftar guru di madrasah tersebut, cari nama guru yang lupa password
  5. Klik tombol "Profil Guru" yang ada di ujung kanan nama guru
  6. Terbuka profil guru yang bersangkutan
  7. Isikan password baru pada kolom "Kata Sandi"
  8. Klik tombol "Simpan"
"Sama
Selesai. Setelah direset maka guru dapat kembali login dengan menggunakan password baru tadi.

3. Jika Operator Tidak Bisa Login

Dalam banyak kasus, hingga artikel ini diterbitkan, ternyata masih banyak madrasah yang belum dapat login ke akun ARD Madrasah masing-masing. Ketika username dan password dimasukkan, halaman login merefresh dan kembali lagi ke halaman login seperti sedia kala. Sehingga tidak dapat masuk ke dashbor ARD Madrasah.
Jika mengalami kasus tidak bisa login seperti ini apa yang harus dilakukan? 
Sila lakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Pastikan alamat website ARD Madrasah yang dibuka sudah sesuai jenjang madrasah masing-masing. Jenjang madrasah tertulis di atas kolom username dan password pada halaman login.
  2. Pastikan NSM yang dimasukkan sudah benar. Jika tidak tahu NSM Madrasahnya, silakan cek di artikel Daftar NSM RA, MI, MTs, dan MA Seluruh Indonesia
  3. Pastikan password yang diketik sudah benar, termasuk besar kecilnya huruf.
Jika ketiga hal tersebut di atas sudah dilakukan tetapi masih belum bisa login juga, bisa jadi akun ARD untuk madrasah tersebut belum diaktifkan oleh Admin Kanwil Kemenag Provinsi. dari pengamatan di berbagai medsos , kasus akun yang belum aktif ternyata cukup banyak terjadi.
Solusinya?
Jika memang tidak bisa login sama sekali ke akun ARD Madrasah, yang harus dilakukan adalah:
  1. Hubungi Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing.
  2. Pada beberapa Kab/Kota mensyaratkan untuk membawa surat pernyataan tidak bisa mengakses Akun ARD yang ditandatangani Kepala Madrasah.
  3. Penmad Kemenag Kabupaten/Kota akan meneruskan ke Admin ARD Madrasah tingkat Kanwil Kemenag Provinsi.
  4. Tunggu hingga Admin Kanwil Kemenag Provinsi mengaktifkan akun madrasah yang bersangkutan.
Lamanya waktu menunggu pengaktifan akun ARD Madrasah bervariasi, tergantung Kemenag Kabupaten/Kota (proaktif segera melaporkan) dan Admin Kanwil Kemenag Provinsi.

4. Jika Operator Lupa Password

Kasus berikutnya sedikit berbeda namun hampir sama, bagaimana jika operator lupa password?

Dalam kasus ini operator madrasah sebelumnya sudah berhasil login ke aplikasi ARD Madrasah. Operator kemudian melakukan perubahan kata sandi (password) akunnya. Di lain waktu, operator justru lupa dengan password baru tersebut sehingga tidak bisa login. Login menggunakan password lama (pengguna) tidak bisa karena password sudah berganti. Login dengan password baru, tidak lagi ingat apa passwordnya.
Jika yang terjadi seperti ilustrasi di atas, yang harus dilakukan operator, sama dengan kasus sebelumnya. Operator harus menghubungi Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing. Baru Kemenag Kab/Kota meneruskan kasus tersebut ke Admin Kanwil Kemenag Provinsi untuk meminta reset password.
Kenapa tidak direset oleh Admin Kabupaten/Kota layaknya yang diberlakukan oleh Jika Lupa Password Login EMIS Online dan 2 Cara Reset Password Simpatika yang Lupa
Idealnya memang setiap Kabupaten/Kota memiliki akun yang bisa mengontrol akun madrasah di wilayahnya. Namun hingga saat ini, tampaknya hal tersebut baru sebatas rencana atau bahkan wacana.

UPDATE 8 DESEMBER 2018

Bagi madrasah yang belum bisa login ke ARD Madrasah, bisa menggunakan ARD Madrasah Offline, dengan langkah-langkah sebagai berikut secara berurutan:

  1. Download ARD Madrasah + Patch > Download ARD Madrasah Versi Offline [Link Alternatif]
  2. Install ke laptop atau komputer > Cara Install Aplikasi ARD Madrasah Offline
  3. Pasang patch dan login ke aplikasi > Cara Memasang Patch ARD Madrasah
So, operator Madrasah dilarang untuk lupa password akun ARD Madrasah. Karena tahapan untuk melakukan reset masih sangat panjang dan berliku. Dan sorry jika solusi yang ditawarkan dalam artikel jika tidak bisa login ARD Madrasah dan lupa password ARD Madrasah ini sangat jauh dari harapan rekan-rekan operator. Karena memang kondisinya masih seperti itu.


Sumber https://ayomadrasah.blogspot.com/