Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Guru (TPP) 2017

Sudah dibaca 2382 kali!

Jadwal Pencairan Tunjangan Profesi / Sertifikasi Guru (TPP) 2017

Menteri Keuangan Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang baru tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa yaitu Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 187/PMK.07/2016 diterbitkan tanggal 2 Desember 2016.

Dengan adanya Peraturan Menteri Keuangan yang baru tersebut maka aturan mengenai penyaluran / pencairan Dana Desa tahun 2017, pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2017, dan juga pencairan Tunjangan Sertifikasi / Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) atau Tunjangan Profesi Guru (TPG) tahun 2017 via Transfer Daerah harus mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan tersebut.

Jadwal-Pencairan-Tunjangan-Profesi-Guru-TPP-Sertifikasi-Guru-2017 - PortalGTK.com

Penyaluran atau pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru atau Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) tahun 2017 via Transfer Daerah wajib sesuai PMK (Peraturan Menteri Keuangan) Republik Indonesia Nomor 187/PMK.07/2016 yang diterbitkan pada tanggal 2 Desember 2016. Sesuai peraturan tersebut penyaluran dana TPP dilaksanakan secara per triwulan (tiga bulan), yakni:

a. triwulan I paling cepat bulan Maret 2017.
b. triwulan II paling cepat bulan Juni 2017.
c. triwulan III paling cepat bulan September 2017.
d. triwulan IV paling cepat bulan November 2017.

Baca juga:

Bagi GTK / PTK yang telah memenuhi syarat menerima TPP / TFG / Tunjangan Sertifikasi akan diterbitkan Mekanisme SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi). Mekanisme penerbitan secara digital, yaitu dengan menggunakan sistem Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) diterbitkan oleh Direktorat Jenderal dengan berdasarkan sumber data dariDitjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dari aplikasi Dapodik setelah data valid menurut sistem.

Ditjen GTK menerbitkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) dua tahap dalam satu tahun. Tahap pertama berlaku untuk semester satu, dan terhitung mulai Januari sampai dengan Juni. Sedangkan tahap ke 2 berlaku untuk semester dua yang terhitung mulai Juli sampai dengan Desember. Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) disalurkan kepada rekening guru yang tertera dalam Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) setiap triwulan (3 bulan) sesuai dengan ketentuan peraturan perundang­undangan.

Guru wajib melakukan pengecekan secara online kelengkapan data GTK sebagai persyaratan untuk penerbitan SKTP pada info GTK / PTK melalui laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id. Direktorat Jenderal GTK memverifikasi kelayakan calon penerima Tunjangan Profesi Pendidik (TPP), yaitu; beban mengajar 24 jam, rasio siswa guru, masa kerja, golongan, dan gaji pokok sebelum SKTP diterbitkan.

Bagikan ke teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *