Data NISN – Pengelolaan Data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) oleh Sekolah

Sudah dibaca 547 kali!

Pengelolaan data NISN oleh sekolah

Data NISN dapat dicek secara langsung di website resmi Kemendikbud. Anda dapat melakukan pengecekan secara mandiri di website tersebut untuk memastikan data NISN sudah valid atau sudah terdaftar secara resmi di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. NISN merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap peserta didik.

NISN berguna sebagai nomor resmi identitas pendidikan seorang siswa dari SD, SMP, SMA bahkan hingga perguruan tinggi. Pihak sekolah memiliki tugas untuk memastikan data NISN siswa didiknya. Jika setelah dilakukan pengecekan ternyata siswa tidak memiliki NISN atau NISNnya belum terdaftar maka pihak sekolah bisa melakukan pengajuan NISN ke PDSPK.

PDSPK adalah instansi dibawah Kemendikbud yang memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan data NISN siswa di seluruh Indonesia. PDSPK merupakan singkatan dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. PDSPK lah yang pada akhirnya akan memberikan approval pengajuan NISN yang dilakukan oleh sekolah.

Data NISN - Pengelolaan Data NISN Nomor Induk Siswa Nasional oleh Sekolah - PortalGTK.com

Pengelolaan data NISN oleh sekolah

Seorang siswa biasanya akan memiliki NISN semenjak berada di sekolah dasar. Oleh karenanya, operator sekolah tingkat SD memiliki tugas untuk melakukan pengajuan NISN kepada Dinas pendidikan kabupaten/kota yang selanjutnya diteruskan kepada PDSPK. Operator sekolah pada tingkat selanjutnya memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan data NISN siswa.

Operator sekolah bertugas untuk melakukan verifikasi dan validasi data siswa untuk memastikan seorang siswa memiliki NISN resmi yang terdaftar di Kemendikbud. Operator pada tingkat sekolah memiliki dua kewenangan utama berkenaan dengan data NISN. Operator sekolah memiliki tugas dan kewenangan untuk mengajukan perubahan NISN dan mengajukan NISN untuk siswa mutasi.

Baca juga:

Pengajuan tersebut akan diteruskan melalui operator Kabupaten/kota untuk kemudian di ajukan kembali kepada pihak PDSPK. Karena pada akhirnya PDSPK yang memiliki kewenangan untuk memberikan approval terhadap pengajuan perubahan NISN dari pihak sekolah dan memberikan approval untuk permintaan/pengajuan NISN dari dinas pendidikan.

Untuk memastikan seorang siswa memiliki data NISN yang valid, pihak sekolah melalui operatornya akan melakukan proses verifikasi dan validasi data peserta didik. Proses Verval Pd ini mengacu pada data yang sudah diinput sebelumnya di situs resmi dapodik. Jika data yang telah diinput pada situs dapodik tidak sesuai maka data proses Verval Pd juga akan mengikutinya.

Melakukan pengecekan data NISN di situs resmi Kemendikbud

Kementrian pendidikan dan kebudayaan kini memberikan fasilitas yang akan memudahkan sekolah atau peserta didik untuk melakukan pengecekan data NISN secara online. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan online data NISN, yang pertama melakukan pengecekan melalui nama lengkap siswa dan yang kedua adalah berdasarkan NISN.

Cara melakukan pengecekannya cukup mudah, Anda bisa langsung mengunjungi situs resmi Kemendikbud atau mengklik link berikut http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data . Setelah masuk pada situs tersebut Anda silahkan mengklik pencarian berdasarkan NISN atau berdasarkan nama lengkap. Jika data NISN atau nama siswa tertera pada situs tersebut, itu berarti bahwa siswa tersebut telah memiliki NISN yang valid.

Namun jika tidak terdaftar pada situs Kemendikbud, siswa dapat melakukan double cross check berdasarkan nama atau bahkan berdasarkan NISN. Jika tetap tidak ditemukan, sebaiknya siswa langsung melakukan konfirmasi ke pihak sekolah. Namun biasanya pihak sekolah sudah akan lebih dulu mengetahui berkenaan dengan hal ini dan akan segera melakukan pengajuan NISN ke PDSPK. Karena pada dasarnya, pihak sekolah lah yang memiliki kewajiban melakukan pengelolaan data NISN.

Demikian informasi mengenai “Data NISN – Pengelolaan Data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) oleh Sekolah“. Semoga bermanfaat.

Bagikan ke teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *