Cara Mengajukan NUPTK Tahun Ajaran 2016/2017 beserta Syarat Penerbitan NUTPK Terbaru

Sudah dibaca 1797 kali!

Cara Mengajukan NUPTK Tahun Ajaran 2016/2017 beserta Syarat Penerbitan NUTPK Terbaru

Cara Mengajukan NUPTK Tahun Ajaran 2016/2017 beserta Syarat Penerbitan NUTPK Terbaru – Sampai saat ini, masih begitu banyak Guru maupun Tenaga Kependidikan yang masih belum tahu bagaimana cara mendapatkan NUPTK, banyak yang masih bingung bagaimana cara mengajukan NUPTK supaya disetujui dan mereka dapat memperoleh NUPTK. Bahkan masih ada juga yang belum mengerti apa itu NUPTK dan kegunaan NUPTK itu untuk apa. Mulai tahun ini pengajuan NUPTK sudah dilakukan secara online.

Postingan kali ini akan membahas secara lengkap mengenai “Syarat dan Ketentuan NUPTK juga Mekanisme Pengajuan NUPTK dan Verifikasi Validasi NUPTK Tahun 2016/2017“. Anda juga bisa langsung mengunjungi website resminya di http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Home/Syarat. Bagi yang sudah punya NUPTK pun bisa melakukan cek NUPTK nya secara online di web tersebut apakah statusnya masih aktif atau masih bermasalah dan melakukan verifikasi NUPTK di web tersebut, tentunya dengan bantuan Operator Sekolah karena hanya Operator Sekolah yang bisa melakukan Verifikasi dan Validasi NUPTK.

Sebenarnya Cara cek NUPTK secara online inipun sudah bisa dilakukan tahun lalu melalui web Padamu Negeri, dan di web Padamu Negeri juga bisa digunakan untuk cek Keaktifan NUPTK dan juga untuk download kemudian cetak Kartu NUPTK. Namun web Padamu Negeri sekarang sudah tidak difungsikan, dan sekarang hanya melalui web http://gtk.data.kemdikbud.go.id.

Baca juga:

Perlu diketahui bahwa untuk bisa mendapatkan NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal maupun non-formal, maka pastikan data GTK yang di-input oleh operator sekolah harus lengkap, benar dan valid agar proses penerbitan NUPTK bagi GTK yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh Dirjen GTK dapat dilakukan dengan baik dan cepat. Berikut Syarat dan Ketentuan Penerbitan dan Penonaktifan NUPTK:

Syarat-untuk-mengajukan-NUPTK-terbaru-2016-2017 - PortalGTK.com

Surat bernomor 14652/B.82/PR/2015 tersebut perihalnya adalah mengenai penerbitan NUPTK bagi guru dan tenaga kependidikan formal dan non formal di tahun 2016 yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang isinya adalah sebagai berikut

Menindaklanjuti surat Dirjen GTK sebelumnya tentang penggunaan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Guru dan Tenaga Kependidikan dan tindak lanjut dari pengelolaan dan penerbitan NUPTK di tahun 2016, disampaikan beberapa hal-hal sebagai berikut;

1. Program dan kegiatan di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan pada tahun 2016 menggunakan Dapodik Guru dan Tenaga Kependidikan yang terintegrasi dengan Dapodik yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK), Ditjen Dikdasmen dan Ditjen PAUD dan DIKMAS.

2. Sesuai hasil kesepakatan rapat sebelumnya, penerbitan NUPTK akan menjadi tugas dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) dengan tetap berkoordinasi kepada Tim Dapodik Unit Utama yang akan dilaksanakan mulai tahun 2016.

3. Adapun syarat dan ketentuan penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan adalah sebagai berikut;

  • Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, PLB.
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal (KB/TPA/SPS, PKBM/TBM, Kursus, dan UPT.
  • Guru PNS/CPNS, Pengawas PNS, dan Guru bukan PNS.
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal PNS/CPNS dan bukan PNS.
  • S-1/D4 dari LPTK/PTN yang memiliki prodi terakreditasi atau dari LPTK /PTS yang terakreditasi Kopertis setempat bagi guru dan tenaga kependidikan yang diangkat setelah Januari 2006.
  • Guru dan tenaga kependidikan yang aktif dalam dapodik Dikdasmen dan PAUD-Dikmas dengan ketentuan;

A. Belum memiliki NUPTK melalui proses veval GTK oleh PDSPK

B. Kandidat guru dan tenaga kependidikan penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasiverval GTK:

i. Guru dan tenaga kependidikan PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Dinas Pendidikan
ii. Guru dan tenaga kependidikan non PNS,
a. di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur
b. di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut).
Guru yang aktif tidak dalam dapodik (Guru Kemenag)

A. Diajukkan oleh operator Disdik melalui aplikasi verval GTK
B. Belum memiliki NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK
C. Kandidat guru penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK:

i. Guru PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Disdik
ii. Guru nonPNS,
a. di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur
b. di sekolah swasta: SI< Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut)
Diverifikasi dokumen persyaratannya oleh Disdik Kab/Kota, Ditjen GTK sesuai kebijakan yang ada.
4. Adapun persyaratan dan ketentuan penonaktifan NUPTK adalah sebagai berikut;

I. Guru Kemendikbud
mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke Disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Sekolah;
Operator Disdik melalui aplikasi verval GTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepsek, Surat Persetujuan dari Disdik
II. Guru Kemenag
mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Madrasah dan surat persetujuan dari Kanwil Kemenag;
Operator Disdik melalui aplikasi verval PTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepala Madrasah, Surat Persetujuan dari Kanwil Kemenag dan Surat Persetujuan dari Disdik
Mengingat NUPTK adalah syarat mutlak bagi Guru dan Tenaga Kependidikan baik pada satuan pendidikan formal maupun non formal untuk mendapatkan semua layanan atau program dan kegiatan pada Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, maka kami berharap penerbitan NUPTK di tahun 2016 dapat dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Untuk mekanisme Pengajuan NUPTK Baru maupun untuk Verifikasi dan Validasi Data Guru dan Tenaga Kependidikan yang sudah mempunyai NUPTK, bisa dilihat pada gambar berikut ini:

Mekanisme Verval NUPTK 2016-2017 - PortalGTK.com

Kiranya postingan mengenai “Cara Mengajukan NUPTK Tahun Ajaran 2016/2017 beserta Syarat Penerbitan NUTPK Terbaru” ini bisa bermanfaat bagi Guru dan Tenaga Kependidikan terutama yang masih belum mengerti bagaimana cara mendapatkan NUTPK.

Bagikan ke teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *