Cara Memperbaiki Ijazah yang Salah Tulis

Sudah dibaca 566 kali!

Cara Memperbaiki Ijazah yang Salah Tulis

Bagi yang mendapat tugas sebagai penulis Ijazah, pasti merasakan bahwa saat penulisan Ijazah merupakan saat yang mendebarkan. Bagaimana tidak… saat mendapat instruksi untuk menulis Ijazah sudah diwanti-wanti “tidak boleh salah…”.  Lalu terlintas dalam pikiran anda.. Bagaimana kalau terjadi kesalahan dalam menulis ijazah..?? Bagaimana kalau salah menulis nama siswa di ijazah nya…?? Bagaimana cara merubah nama orang tua di ijazah kalau terjadi kesalahan nama orang tua di ijazah…??  Kalau salah tulis tanggal lahir, bagaimana cara mengganti tanggal lahir di ijazah tersebut? dan pertanyaan-pertanyaan lain yang justru menambah rasa takut si penulis.

Bapak/Ibu, Ijazah merupakan dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus dari sekolah (satuan pendidikan). Karena merupakan dokumen resmi yang sangat penting maka diterbitkanlah PERATURAN KEPALA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG BENTUK, SPESIFIKASI, PENCETAKAN/PENGGANDAAN, PENDISTRIBUSIAN, DAN PENGISIAN BLANGKO IJAZAH PADA SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017.  Apabila Bapak/Ibu belum mempunyainya bisa di Download Perka Balitbang Ijazah disini.

Didalam Peraturan tersebut sudah diatur dengan jelas mengenai bentuk, spesifikasi, pencetakan/penggandaan, pendistribusian, dan mengenai pengisian di blanko ijazah baik itu Pendidikan dasar maupun pendidikan menengah.  Didalam Lampiran III Peraturan tersebut berisi tentang Juknis (Petunjuk Teknis) Pengisian Blanko Ijazah tahun 2017.  Jika Bapak/Ibu belum mempunyai Juknis Pengisian Ijazah tahun 2017 ini, bisa Download Juknis Pengisian Ijazah tahun 2017 disini.

Jadi Bapak/Ibu penulis Ijazah tidak perlu terlalu khawatir. Kalau ini pertama kali bagi anda mendapat tugas menulis ijazah, ada baiknya dibaca perlahan dan dengan seksama Juknis Pengisian Ijazah tersebut.  Disitu sudah dijelaskan secara lengkap mengenai pedoman menulis Ijazah.  Pakai huruf besar atau kecil, pakai angka atau huruf, nilai dibulatkan atau desimal, kalau desimal berapa digit dibelakang koma, dll. Dijelaskan pula apabila terjadi kesalahan dalam penulisan ijazah, prosedur yang harus dilakukan seperti apa.  Dibawah ini saya kutip sedikit (perhatikan Point 7, 8, dan 13):

cara memperbaiki ijazah yang salah - PortalGTK.comsalah penulisan ijazah - PortalGTK.com

Baca juga:

Jadi, sudah jelas bukan bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika terjadi kesalahan dalam penulisan ijazah..?? Kalau Bapak/Ibu masih bingung atau belum mengerti atau malah ragu melakukan seperti dalam Juknis Penulisan Ijazah tersebut, ada baiknya membaca tips berikut.

Tips Memperbaiki Kesalahan Penulisan Ijazah

Sebenarnya tips ini sudah pernah Admin praktekkan waktu ada kesalahan tulis Ijazah.  Berikut hal-hal yang bisa Bapak/Ibu lakukan apabila terjadi salah tulis dalam blanko Ijazah:

  1. Kalau kesalahan tulis di ijazah hanya sedikit, cobalah hapus dengan penghapus ballpoint.  Pelan-pelan saja, supaya tidak sampai merusak kertas.
  2. Kalau cara pertama tidak berhasil karena kesalahan cukup parah, atau kesalahan cukup banyak.  Laporkan ke kepala sekolah, dan ceritakan yang terjadi.  Satu-satunya jalan harus minta blanko ijazah yang baru ke dinas pendidikan.  Kalau Kepala Sekolah menyetujui, segera buatkan berita acara kesalahan tulis ijazah (berita acara tidak ada format khusus), yang penting memuat kronologis terjadinya kesalahan tulis, apa yang salah tulis (misalnya nama), dan penulisan yang benar harusnya seperti apa.  Lampirkan dokumen resmi, misalnya kalau nama lampirannya akte kelahiran.  Setelah itu bawa ke diknas dan ceritakan lagi kronologisnya.  Kalau blanko ijazah masih ada, makan anda akan mendapat blanko ijazah yang baru, tapi kalau blanko ijazah sudah habis, lihat cara ke 3.
  3. Cara pertama dan kedua belum berhasil, maka lakukan cara yang ke 3 ini. Cara ini ditempuh Jika blanko ijazah di dinas pendidikan sudah habis, hal ini bisa terjadi karena memang stok nya benar-benar habis, atau laporan kesalahan tulis terlalu lama dari saat diterimanya blanko ijazah.  Ada baiknya Bapak/Ibu membaca dulu Permendikbud No. 29 tahun 2014 tentang PENGESAHAN FOTOKOPI IJAZAH/SURAT TANDA TAMAT BELAJAR,SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH/SURAT TANDA TAMAT BELAJAR DAN PENERBITAN SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH /
    SURAT TANDA TAMAT BELAJAR JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH. Didalam permendikbud tersebut sudah diatur apa yang harus dilakukan apabila terjadi kehilangan ijazah, kerusakan ijazah, penggantian ijazah apabila sekolah sudah tutup, kesalahan penulisan ijazah, legalisir ijazah, dan sebagainya.  Terdapat juga Contoh Format Surat Keterangannya seperti apa.  Jadi cara yang ke 3 dalam memperbaiki kesalahan tulis ijazah adalah dengan membuatkan SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH. Surat Keterangan Pengganti Ijazah, diterbitkan sekolah (satuan pendidikan) dan mengetahui Dinas Pendidikan.  Surat Keterangan Ini nanti dilampirkan dengan Ijazah asli yang salah tulis. Format SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH seperti ini: Format Surat Keterangan Kesalahan Penulisan Ijazah_STTB - PortalGTK.comAnda bisa download Format Surat Keterangan Pengganti Ijazah (Permendikbud No. 29 tahun 2014) disini.

Demikian Bapak/Ibu Tips yang bisa Admin sampaikan mengenai “Cara Memperbaiki Ijazah yang salah tulis”.  Semoga bermanfaat, dan apabila Bapak/IBu mengenal teman yang kebetulan mendapat tugas sebagai penulis ijazah, bisa dibagikan ke yang bersangkutan supaya lebih tenang dalam menulis Ijazah.

Bagikan ke teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *